Kunjungan Pelosi Ke Negeri Formosa: Dukungan dan Ancaman Baru

Oleh: Gracya Qualimva

Ketegangan hubungan antara China dan Taiwan kembali meningkat sejak adanya upaya penyatuan kembali Taiwan dengan China oleh Presiden Xi JinPing (Brown, 2022). Brown (2022) melaporkan bahwa hal ini terlihat dari peningkatan tekanan China terhadap Taiwan, seperti pengiriman pesawat militer menuju Zona Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada tahun 2021. Lebih lanjut, pada laporan yang sama, Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pengiriman pesawat militer tersebut merupakan wujud hubungan terburuk China-Taiwan selama 40 tahun.

Tidak berhenti sampai di situ, memburuknya hubungan antar keduanya kembali meningkat sejak kedatangan Nancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat, di Taiwan pada 2 Agustus lalu. Dilansir dari laman Tempo.co (2022), dalam keterangan pers yang disiarkan DPR Amerika Serikat, Pelosi menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari kunjungan ke Indo-Pasifik dan berfokus pada keamanan bersama, kemitraan ekonomi, dan pemerintahan yang demokratis. Lebih lanjut, melalui media sosial Twitter, Pelosi mengatakan bahwa kunjungannya merupakan salah satu dari beberapa delegasi Kongres ke Taiwan dan menganggap bahwa kunjungan itu sama sekali tidak bertentangan dengan kebijakan Amerika Serikat terhadap Taiwan yang dipandu oleh Undang-Undang Hubungan Taiwan tahun 1979, Komunike Bersama AS-China, dan Enam Jaminan. (Yanuar, 2022). Kunjungan ini dipandang oleh Ian Easton, direktur senior di lembaga think tank Amerika Project 2049 Institute, sebagai peluang untuk mengembalikan hubungan diplomatik antara Taiwan dengan Amerika Serikat (Focus Taiwan, 2022).

Kendati demikian, kunjungan simbolis inipun mendapatkan pertentangan dari Republik Rakyat China. Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyampaikan peringatan keras bahwa Beijing tidak akan tinggal diam jika kunjungan dilakukan (Yanuar, 2022). Dilansir dari Focus Taiwan (2022), seorang kolumnis New York Times, Thomas Friedman, mengatakan bahwa Taiwan tidak akan lebih aman atau makmur melalui kunjungan ini, dan banyak hal buruk yang bisa terjadi. Ia juga menyatakan bahwa kunjungan ini tidak bertanggung jawab dan berbahaya. Selain dianggap merusak fondasi politik hubungan China-AS, menurut Daniel Depetris–seorang fellow dari Defense Priorities–kunjungan ini juga tidak memberikan manfaat nyata bagi Taiwan (Kennedy, 2022).

Sehari setelah kedatangan Pelosi ke Taiwan, Beijing mengumumkan sanksi kegiatan ekspor dan impor terhadap sejumlah komoditas sebagai bentuk respon terhadap penentangan tindakan Taiwan yang menerima kunjungan tersebut (Mulyana, 2022). Pada laporan yang sama, Alicia Garcia-Herrero, kepala Ekonomi Asia Pasifik Natixis Hong Kong, menambahkan bahwa sanksi ekonomi tersebut dapat berdampak serius terhadap perekonomian Taiwan.

Tidak hanya sanksi ekonomi, ancaman militer terhadap Taiwan juga terus dilakukan. Seorang perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, John Chen, mengatakan bahwa China telah mengumumkan latihan militer yang digelar sejak 4 hingga 7 Agustus 2022 (Gunawan, 2022). Gunawan (2022) melalui laporannya menyatakan bahwa latihan ini meliputi tembakan langsung di ke-6 wilayah perairan dan udara Taiwan. Latihan militer ini juga melingkupi beberapa perairan teritorial milik Taiwan.

Gracya Qualimva adalah anggota divisi Penelitian dan Pengembangan FPCI UGM. Artikel ini melambangkan opini pribadi penulis dan belum tentu mewakili opini FPCI UGM.

Referensi

Brown, D. (2022, January 12). China and Taiwan: A really simple guide to a growing conflict. BBC. https://www.bbc.com/news/world-asia-china-59900139Focus Taiwan. (2022, August 3). American observers weigh pros and cons of Pelosi’s visit to Taiwan — Focus Taiwan. Focustaiwan.tw. https://focustaiwan.tw/politics/202208030015Gunawan, S. M. (2022, August 5). Taiwan Dikepung dari Berbagai Sisi, TETO Minta Indonesia Kutuk Tindakan Militer China. Rmol.id. https://dunia.rmol.id/read/2022/08/05/542590/taiwan-dikepung-dari-berbagai-sisi-teto-minta-indonesia-kutuk-tindakan-militer-chinaKennedy, B. (2022, August 3). Should Pelosi have gone to Taiwan? The Week. https://theweek.com/nancy-pelosi/1015599/should-pelosi-have-gone-to-taiwanMulyana, C. (2022, August 3). Terima Kunjungan Nancy Pelosi, Tiongkok Jatuhkan Sanksi ke Taiwan. Mediaindonesia.com. https://m.mediaindonesia.com/internasional/512009/terima-kunjungan-nancy-pelosi-tiongkok-jatuhkan-sanksi-ke-taiwanYanuar, Y. (2022, August 2). Nancy Pelosi Tiba di Taiwan, Ini Pernyataan Pertamanya. Tempo. https://dunia.tempo.co/read/1618560/nancy-pelosi-tiba-di-taiwan-ini-pernyataan-pertamanya

--

--

“Shape & promote positive Indonesian internationalism throughout the nation & the world.” | Instagram: @fpciugm | LINE: @toh2615q | LinkedIn: FPCI Chapter UGM

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Foreign Policy Community of Indonesia chapter UGM

“Shape & promote positive Indonesian internationalism throughout the nation & the world.” | Instagram: @fpciugm | LINE: @toh2615q | LinkedIn: FPCI Chapter UGM